Situs Kertabumi Kab Ciamis

Situs Kertabumi

Kawasan Kertabumi mencakup dua situs, yaitu situs Gunung Susuru dan situs Bojong Gandu. Di situs Gunung Susuru terdapat tiga batu datar terbuat dari batuan beku andesitik. Sedangkan di Gunung Susuru juga terdapat tiga punden berundak.
Selain itu, di tebing Gunung Susuru terdapat 5 gua yang terbentuk dari batuan breksi vulkanik. Berdasarkan keadaan fisiknya, terlihat gua-gua tersebut merupakan gua buatan yang ditoreh pada tebing di tepi Sungai Cimuntur dan Cileueur dengan kemiringan lereng 75°. Di dalam gua, penduduk pernah menemukan pecahan tembikar, gigi Bovidae (kerbau purba), gigi  Sus (babi), fragmen tulang, dan geraham manusia. Fragmen tulang dan gigi yang ditemukan di lokasi tersebut sudah mengalami proses pemfosilan (sub-fosil).
Tidak jauh dari Kertabumi juga terdapat Situs Bojong Gandu, sebuah tinggalan arkeologi berupa sisa benteng yang terbuat dari susunan batu. Di situs Bojong Gandu banyak ditemukan fragmen keramik, fragmen tembikar, dan kerak besi. Fragmen keramik berasal dari China (dinasti Ming dan qing), Thailand, Vietnam, dan Eropa. Di Dusun Bunder terdapat beberapa objek arkeologis yaitu sumur taman, sumur batu, dan beberapa makam kuna.

No comments:

Post a Comment

Share
Facebook

Popular Posts