Situs Tambaksari Kab Ciamis

Situs Tambaksari

Situs Tambaksari merupakan kawasan yang mengandung tinggalan geologi dari jaman kuarter yang berumur Pliosen Tengah (2 juta tahun yang lalu). Ditemukan pertama kali pada tahun 1920, di sini Anda akan dapat menyaksikan fosil dan batu-batu aneh yang tersebar di kawasan tersebut.
Berlokasi di suatu cekungan sedimentasi yang dikenal dengan sebutan Cekungan Cijolang, dengan jenis fauna tersendiri berciri fosil penunjuk yaitu Merycopotamus Nanus Lydekker, Merycopotamus Nanus yaitu Hipopotamus (Hexaprotodon) Simplex (kuda nil), Cervus sp (rusa), dan Stegodon sp (gajah). Fosil fauna yang pernah ditemukan di kawasan Tambaksari mencakup kerbau, rusa, buaya, gajah, kuda nil, kura-kura, dan badak. Fosil-fosil tersebut ditemukan di beberapa situs, yaitu Urugkasang, Cisanca, Cicalincing, Cibabut, Cihonje, Ciloa, Cibabut, dan Cipasang.
Temuan paling spektakuler dari Tambaksari adalah fosil Homo Erectus pada Juli 1999, berupa sebuah gigi seri. Penemuan terjadi waktu dilakukan ekskavasi di tebing Cisanca pada kedalaman 333 cm di bawah permukaan tanah lapisan batu pasir kebiruan.
Anda dapat melihat beberapa fosil dan benda-benda arkeologis yang ditemukan di Tabaksari di Museum Situs Tambaksari. Lokasi-lokasi penemuan fosil dapat dicapai dengan mudah meskipun ada di antaranya yang hanya dapat dicapai dengan jalan kaki, misalnya lokasi penemuan gigi manusia purba di tepi aliran Sungai Cisanca, Desa Kaso.
Lokasi: Kecamatan Tambaksari dan Kecamatan Rancah

No comments:

Post a Comment

Share
Facebook

Popular Posts